Arti Warna Pisang Hijau, Kuning, Coklat dan Kandungan Didalamnya

Beberapa mungkin masih bingung saat mau mengambil manfaat buah pisang sebab banyaknya variasi yang ada di pasaran. Jika berangkat dari warnanya, kita cenderung akan menyingkirkan pisang hijau karena ia belum matang. Padahal tiap warna dan kematangan menawarkan gizi yang cukup berbeda.

Warna dan Gizi Buah Pisang

Jika kita ke pasar atau toko buah, kita bisa melihat adanya pisang berwarna hijau bahkan hingga yang coklat. Tiap warna ini menandakan fase kematangan dari pisang itu sendiri. Dan, kandungan buah pisang mengalami sedikit perubahan dari warna yang berubah tersebut.

1. Pisang Hijau, Belum matang

Pisang hijau menandakan buah yang masih muda dan belum matang. Namun, dalam fase kematangan apa pun, buah pisang tetap menawarkan manfaat untuk kesehatan.

Warna hijau pada pisang menandakan tingkat pati resisten yang sangat tinggi dibandingkan dengan fase kematangan lainnya. Kandungan ini pula yang membuat tekstur pisang agak lunak. Pisang hijau juga membuat kenyang lebih cepat meskipun perut menjadi kembung dan penuh gas.

Walaupun rasanya tidak manis, pisang hijau punya indeks glikemik yang rendah. Pati yang ada di dalamnya akan dipecah menjadi glukosa, tidak seperti pisang matang yang telah menjadi gula. Ini berarti kenaikan gula darah yang lambat.

2. Pisang Kuning, Matang

Pisang kuning jadi buah yang paling diminati dari buah pisang lainnya. Pada warna ini, pati pisang berubah menjadi gula. Pisang pun akan menjadi manis dan lembut.

Sementara buah ini lebih mudah dimakan dan dicerna, indeks glikemiknya meningkat serta beberapa vitamin dan mineral berkurang. Di sisi lain, pisang kuning punya antioksidan yang sangat tinggi. Nutrisi yang ada di dalamnya pun lebih mudah diserap.

3. Pisang Coklat, Kelewat Matang atau Sangat Matang

Sebelum menjadi coklat secara keseluruhan, pisang kuning akan menampakkan bintik-bintik kecoklatan. Selain menandakan kalau buahnya mulai menua, bintik tersebut menandakan pati yang diubah menjadi gula. Jadi jangan heran kenapa pisang yang terlalu matang rasanya bisa begitu manis.

Lalu, dengan dominannya gula pada pisang coklat, klorofil di dalamnya pun ikut berganti dan menjadikan tingkat antioksidan yang melimpah pada pisang yang terlalu matang. Tingkat kemanisan ini membuatnya bagus untuk dijadikan bahan masakan seperti kue pisang atau pancake pisang.

Kandungan Gizi Buah Pisang

Terlepas dari warna atau tingkat kematangannya, pisang masih berupa buah dengan sumber gizi yang besar. Kamu bisa menjumpai beberapa nutrisi berikut dalam 100 gram buah pisang.

  • Energi: 89 kalori
  • Karbohidrat: 22,8 gram
  • Serat: 2,6 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Protein: 1,1 gram
  • Kalium: 10% dari angka kecukupan gizi (AKG)
  • Vitamin B6: 18% dari AKG
  • Vitamin C: 15% dari AKG
  • Magnesium: 7% dari AKG
  • Mangan: 13% dari AKG

Berbagai Manfaat Buah Pisang

1. Ramah untuk Pengidap Diabetes

Karena pati resistennya yang melimpah, buah pisang hijau seringkali dibuat menjadi bubur atau tepung yang digunakan untuk produk makanan dan riset sains. Beberapa studi pernah menjelaskan kalau tepung pisang hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin secara efektif.

Selain kaitannya dengan insulin, pisang hijau juga bermanfaat untuk menurunkan masalah liver dan ginjal yang berhubungan dengan diabetes. Khasiat buah pisang hijau ini sangatlah baik, khususnya untuk penderita diabetes.

2. Untuk Pencernaan yang Sehat

Pisang merupakan buah dengan sumber prebiotik yang besar. Hal ini dikarenakan seratnya yang dapat membantu menutrisi bakteri baik atau probiotik di dalam usus. Prebiotik dari buah pisang ini menyokong sistem pencernaan dengan mendukung pertumbuhan bakteri baik yang terlibat dalam penyerapan makanan.

Berkat prebiotik ini, buah pisang jadi santapan lezat untuk kesehatan usus, pencernaan, dan kelancaran buang air besar. Manfaat ini pun bisa dimaksimalkan dengan makanan yang juga mengandung probiotik seperti yogurt.

Selain itu, beberapa studi menakar efek dari pisang hijau dan menemukan kalau ia dapat mengobati sembelit dan diare pada anak-anak.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meski komponen pati sangat tinggi dalam pisang hijau, rasa sedikit sepatnya sebanding dengan kalori rendah serta serat yang disimpannya. Kedua sifat buah tersebut dapat menjamin diet terkontrol untuk menurunkan berat badan. Sebab, kamu bisa mudah kenyang dengan memakan pisang hijau dan terhindar dari yang namanya overeating.

Banyak sekali manfaat buah pisang yang bisa kita peroleh. Kelebihan itu juga dapat dipetik saat buahnya belum matang sampai sangat matang. Bahkan, hingga jantung pisang pun menawarkan khasiat yang baik untuk pemulihan kondisi kesehatan. Setelah mengetahuinya, tentu kamu tak ingin melewatkan berbagai nilai positif dari buah ini, kan?

Itulah beberapa manfaat dari pisang yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan pisang aneka jenis dengan kualitas terbaik dan segar, selalu pastikan membelinya di TaniHub. Platform belanja buah dan sayur online terbaik yang menghubungkan petani dan pelangganya.

Selain pisang, Kamu juga dapat membeli aneka produk kebutuhan sehari – hari di sini seperti aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

Semoga informasinya bermanfaat